Powered By Blogger

Kamis, 09 Mei 2013

BERSIAPLAH UTNTUK KEDATANGAN SKYNET

Jika kamu adalah salah satu penikmat film bergenre Sci-Fi ciptaan James Cameron, Gale Anne Hurd, dan William Wisher, Jr. yang pertama kali muncul pada tahun 1984, yup Terminator. Tentunya kamu tidak asing dengan sebuah teknologi AI (artificial intelligence) tingkat tinggi di masa depan. Skynet sebentar lagi tidak hanya menjadi buah karya imajinasi dalam film saja, karena ia benar-benar akan hadir di dunia nyata.

Melalui kantor berita Reuters diketahui bahwa Intel yang diwakili oleh Collaborative Research Institute for Computational Intelligence bekerja sama dengan Technion di Haifa dan Hebrew University di Yerusalem tengah meneliti sebuah teknologi baru yang mampu meniru kemampuan otak manusia serta dapat “mempelajari” penggunanya.

Mesin yang dapat ‘belajar’ adalah sebuah kesempatan besar,” ungkap Chief Technology Officer Intel, Justin Rattner. “Disamping namanya, smartphone adalah hanya perangkat yang bodoh. Smartphone saya tidak tahu sedikitpun tentang saya ketika saya mendapatkannya.” tambahnya. “Nanti semua perangkat akan mengetahui kita per individu, mereka nantinya akan menyesuaikan dirinya untuk kita.

Penelitian ini ditujukan untuk menciptakan sebuah aplikasi baru, sebuah komputer berukuran kecil yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan sehari-hari manusia. Salah satu contohnya seperti yang diungkapkan Rattner, misalnya ketika pengguna meninggalkan kunci mobilnya di rumah, maka di minggu pertama perangkat atau sistem akan mengingat di mana penggunanya meninggalkan kunci tersebut dan di minggu kedua ia akan mengingatkan pengguna untuk mengambil kuncinya sebelum meninggalkan rumah.

Rencananya teknologi ini benar-benar terealisasi kisaran tahun 2014 dan 2015. Memang terdengar cukup gila, tapi mungkin kita tidak bisa lagi menghentikannya. Pasalnya presiden Rattner menegaskan Intel telah menerapkan teknologi baru itu pada Adidas. Dimana teknologi tersebut dapat membantu menentukan apakah pembeli adalah laki-laki atau perempuan, dewasa atau anak-anak dan sekaligus menunjukkan sepatu yang cocok untuk orang tersebut.

Dalam waktu lima tahun semua indera manusia akan ada didalam komputer dan pada 10 tahun kita akan memiliki lebih banyak transistor dalam satu chip dari pada neuron di otak manusia.” kata Moody Eden, presiden Intel Israel.

Sumber:
http://www.reuters.com/article/2012/05/24/us-intel-israel-idUSBRE84N05520120524?feedType=RSS&feedName=technologyNews&utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+reuters%2FtechnologyNews+%28Reuters+Technology+News%29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar